Jenis Penyakit Disentri

Penyakit disentri adalah penyakit gangguan usus yang ditandai dengan gejala buang air besar yang biasa disertai dengan darah dan lendir. Selain itu, juga disertai dengan tenesmus dan kolik. Penyakit ini termasuk kategori penyakit menular. Jenis penyakit disentri sendiri dibagi menjadi beberapa macam  yaitu disentri ameba dan disentri basilar. Umumnya penderita yang terkena penyakit disentri kurang menjaga kebersihan lingkungan. Disentri ameba disebabkan infeksi dinding usus besar oleh parasit Entamoeba Histolytica dan disentri basilar yang disebabkan oleh bakteri Shigella.

Jenis Penyakit Disentri

Jenis Penyakit Disentri

Jenis penyakit disentri ameba merupakan invansi usus besar oleh protozoa Entamoeba hystolitica yang menyebabkan ulkus mukosa yang menimnbulkan nyeri, diare yang silih berganti dengan konstipasi dan darah serta lendir keluar melalui anus sehingga disebut disentri ameba. Jika ameba tersebut masuk sirkulasi portal hati, ameba tersebut dapat menyebabkan abses hati. Diagnosis ditegakkan dengan mengisolasi ameba tersebut di dalam feses. Pengobatan umumnya menggunakan mentronidazol, tetapi tanidazol juga digunakan. Diloksanid furoat digunakan untuk mengobati infeksi kronik.

Jenis penyakit disentri basilar disebabkan oleh Shigella, genus basilus Gram negative, beberpa spesies menyebabkan disentri-Sh.boydii, Sh. Dysentrine dan Sh. Flexneri di daerah tropis maupun subtropis. Sh. Sonnei menyebabkan disentri di daerah beriklim sedang dan merupakan jenis yang paling umum di Inggris. Organisme ini diekskresikan oleh pengidap dan terbawa dalam feses mereka serta tangan, makanan dan air yang terkontaminasi. Pejamu mendapatkan infeksi melalui area yang terkontaminasi tersebut. Penyakit ini sering terjadi pada anak kecil dan  menular melalui perhatian menyeluruh terhadap hygiene personal. Pengobatan jika perlu, adalah dengan siprofloksasin atas trimetoprim. Kasus ringan tidak memerlukan terapi obat.

Banyak orang sehat mempunyai amuba tanpa menderita sakit. Akan tetapi, amuba sering merupakan penyebab penyakit mencret yang parah atau penyakit disentri (mencret disertai darah) terutama pada orang-orang yang berada dalam keadaan lemah akibat penyakit lain ata akibat gizi yang buruk. Adakalanya amuba menyebabkan abses/bisul (kantong yang besiri nanah) pada hari yang sakit dan berbahaya. Perawatan pada penyakit disentri adalah dengan cara hentikan kebiasaan makan makanan yang keras, pedas dan banyak lemak. Makanlah bubur dari tepung kacang hijau dan beras, atau sup dan roti tanpa ragi.

Pengobatan Jenis Penyakit Disentri dapat dilakukan dengan :

  • Kalau mungkin mintalah pertolongan dokter dan lakukan pemeriksaan kotoran.
  • Infeksi amuba yang ringan dapat diobati dengan tetracycline saja, atau bersama diiodohydroxyquin (untuk takarannya, lama pengobatan dan peringatannya)
  • Untuk disentri yang berat atau abses amuba, berikan tetracycline, bersama metronidiazole. Jika tidak tersedia metronidazole, gunakanlah chloroquin.

Pengobatan tradisional penyakit disentri dapat dilakukan dengan :

Ramuan :

Bahan : Buah maja manis 1 buah dan madu murni secukupnya.

Cara pembuatan : ambil daging buah maja yang masak dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, campur dengan madu secukupnya.

Cara pemakaian : minum ramuan 3 kali seharu, sekali minum satu ramuan sampai habis.

Cara merawat penyakit disentri adalah dengan melalui dua cara yakni cara medis dan cara alternatif.

  1. Cara medis
    Untuk merawat disentri dengan cara medis, biasanya dilakukan terlebih dahulu dengan cara mengganti cairan yang sudah keluar dengan menggunakan garam oralit. Pemberian obat antibiotik merupakan hal yang sangat penting yang perlu dilakukan untuk membantu membunuh kuman. Namun, tetap saja pencegahan merupakan suatu hal yang lebih penting dibandingkan dengan pengobatan. Cara yang bsia dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan, membasmi lalat dirumah, dan juga menjaga makanan serta minuman dari serangan kotoran.
  2. Alternatif
    cara merawat disentri dengan cara alternatif adalah makan-makanan dan minuman yang sudah terjaga kebersihannya. Memberikan jenis makanan yang teksturnya lunak untuk membantu proses pencernaannya menjadi lebih lancar.

Cara mengobati jenis penyakit disentri adalah :

Ramuan disentri 1
Bahan : kulit buah manggis 2 buah, air sebanyak 4 gelas, gula batu secukupnya saja
Cara membuat : cucilah terlebih dahulu kulit manggis sampai bersih, kemudian potong-potonglah seperlunya saja. Setelah itu, rebslah sampai yang tersisa adalah ½ nya saja, setelah itu dinginkanlah dan saring. Tambahkan gula secukupnya saja. Cara minum ramuan herbal ini adalah dengan 2 x 1 dalam sehari dengan dosis ½ gelas.

Ramuan obat disentri 2 adalah:
Bahan : kulit batang srikaya sebanyak 3 jari, air 4 gelas, dan gula batu secukupnya saja
Cara membuat : cuci terlebih dahulu, kemudian dipotong secukupnya saja, setelah itu direbus sampai yang tersisa hanya  tinggal ½ nya saja. Kemudian didinginkan dan saringlah. Tambahkan dengan gula secukupnya. Ramuan ini diminum untuk 2 x 1 dalam sehari dengan dosis ½ gelas.

Itulah informasi mengenai jenis penyakit disentri dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda dalam menyembuhkan penyakit disentri. Terimakasih.

Jenis Penyakit Disentri


=====================================

>>> Kapsul Herbal Disentri Untuk Mengatasi Penyakit Disentri, Membunuh Bakteri Penyebab Disentri Serta Menguatkan Sistem Imun Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Disentri and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *