Disentri Pada Bayi

Bayi dan balita memang rentan terhadap serangan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan. Disentri merupakan salsh satu jenis diare yang datang mendadak.

Penyebab disentri itu sendiri berasal dari infeksi kuman Shigella (disentri basiller) dan parasit entamoeba histolitiyca (disentri amuba).

Gejala umum disentri yang terjadi pada bayi dan balita berawal dari demam, sakit perut ketika dan usai BAB, feses yang dikeluarkan belendri dan berdarah. Bayi dan balita yang menderita disentri umumnya sangat rewel dan susah makan.

Umumnya bayi atau anak kecil yang menderita sakit buang besar (disentri) biasanya mereka diberikan daun sirih yang telah dipanaskan, kemudian dicampur dengan minyak. Daun itu ditempelkan ke badan bayi dan diikat dengan gurita bayi

Pengobatan disentri pada bayi

Daun sagu ketika itu juga merupakan daun yang sangat mujarab untuk bayi yang terkena penyakit batuk-batuk dan disentri. Daun tersebut diremas-remas lalu airnya diminumkan kepada si bayi.

Saat bayi atau balita terserang disentri, umumnya gejala yang timbul adalah diare dan feses yang mengandung darah. Untuk itu, pengaturan makanan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Hindari memberikan makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan jenis buah-buahn tinggi serat misalnya mangga, kacang panjang, buncis, kangkung, kol, alpukat, anggur dan jambu biji. karena makanan jenis ini akan mamksa kerja sistem pencernaan yang sedang terganggu. Berikan makanan yang rendah serat terutama sayuran dan buah seperti labu siam, wortel, labu kuning, pisang, apel, pir, semangka.

2. Hindari memerikan makanan berlemak tinggi seperti cokelat, es krim, makana yang digoreng, serta makanan bersantan seperti kolak.

3. Berikan makanan yang mengandung pektin seperti pisang dan apel (mentah atau diolah), wortel, aprikot, kacang polong, kentang karena pektin membantu penyerapan air.

4. Berikan makanan yanvg mengandung lactobacillus misalnya yogurt untuk memperbaiki sistem pencernaan


=====================================

>>> Kapsul Herbal Disentri Untuk Mengatasi Penyakit Disentri, Membunuh Bakteri Penyebab Disentri Serta Menguatkan Sistem Imun Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Disentri and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>