Cara Mengobati Disentri

Cara Mengobati DisentriDisentri biasanya ditandai dengan mencret yang bercampur darah dan lendir. Penyakit ini biasanya mewabah. Penyebab disentri adalah air atau makanan yang mengandung kuman dan parasit amuba. Parasit-parasit berkembangbiak dengan dua tahap yakni tahap trphogoit (parasit aktif) dan kista. Parasit-parasit yang aktif berubah menjadi bentuk kista yang merupakan penyebab penularan penyakit.

Cara Mengobati Disentri

Cara Mengobati Disentri

Serangan disentri biasa terjadi pada orang dengan kondisi sanitasi yang kurang baik. Penyebab disentri adalah kuman yang menyerang dinding usus besar sehingga penderita mersa mulas dan perut kembung, mual-mual, muntah dan mencret beberapa kali dalam sehari yang disertai rasa sakit di perut.

Dalam waktu 3 hari jika tidak segera diatasi, feses penderita akan bercampur dengan lendir dan darah. Penderita disentri bisa buang air bear sampia 20 kali sehari, sehingga akan mengalami dehidrasi yang hebat, badannya mengurus, matanya cekung dan bila tidak segera tertolong bisa meninggal dunia.

Untuk mencegah dan memberantas disentri, kita harus menjaga higiene pribadi dan higiene lingkungan, antara lain dengan Cara Mengobati Disentri  :

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang bersih (kurang masak
  • Menjaga kebersihan lingkungan

Penyakit disentri disebabkan oleh sejenis basil yang membuat penderita terus-menerus buang air besar yang terkadang bercampur darah. Sifat basil disentri bisa menular. Penyakit disentri ini menyrang selaput lendir usus dan mudah menular. Ada dua jenis disentri yaitu disentri basil yang disebabkan oleh basil shinga kruse dan disentri amubawi yang disebabkan oleh protozoa disentri.

Ada beberapa ramuan tradisional yang dikenal ampuh dapat mengobati diare atau Cara Mengobati disentri. Bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara meracik ramuan dapat dijelaskan sebagai berikut :

Ramuan 1 untuk Cara Mengobati Disentri

– 5 lembar daun pulai, 1 jari gambir murni sebesar biji melinjo dan 2 sendok makan madu.
– Daun pulai dicuci. Bersama gambir, daun pulai ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukannya dicampurkan ke dalam satu gelas air matang dan madu. Campuran ini diperas dan disaring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari dengan dosis 3 sendok makan sekali minum.

Ramuan 2 untuk Cara Mengobati Disentri 

– 3 batang srikaya
– Kulit batang srikaya dicuci bersih lalu dipotong dan direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, ramuan disaring dan ditambahkan air gula secukupnya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari dengan dosis ½ gelas sekali minum.

Ramuan 3 untuk Cara Mengobati Disentri

– Buah pare segar secukupnya atau 3 gram bubuh pare.
– Buah pare segar dibuat jus, ditambahkan air panas, lalu diminumkan kepada penderita disentri. Cara lain dengan menggunakan bubuk pare yang dibuat dengan cara menjemur daun pare hingga kering, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk. Bubuk pare tersebut diseduh dalam air panas. Larutan bubuk pare diberikan setiap 6 jam sekali.

Ramuan 4 untuk Cara Mengobati Disentri :
Bahan : biji kemangi 1 genggam dan juga air setengah liter
Cara membuat : rebuslah biji kemangi sampai mendidih dan sampai air yang tersisa adalah tinggal separuhnya saja, kemudian saring dan dinginkan. Cara minumnya adalah ramuan ini diminum 1 hari untuk 3 kali minum.

Cara mengobati disentri dan pencegahannya adalah dengan :

  1. Menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan teliti
  2. Mencuci makanan yang hendak dimakan, khususnya untuk makanan mentah seperti sayur dan juga buah.
  3. Untuk penderita disentri basiler biasanya tidak menyiapkan makanan
  4. Membuang tinja dengan cara saniter
  5. Memasak makanan sampai matang
  6. Menjaga kebersihan dengan selalu menjaga sanitasi air, makanan serta udara
  7. Melindungi sumber dari air minum agar tidak terjadi kontaminasi dengan tinja
  8. Kemudian aturlah pembuangan sampah dengan baik.
  9. Mengendalikan vektor atau binatang pengerat.

Cara mengobati disentri secara medis adalah, biasanya penyakit disentri ini akan sembuh dengan sendirinya. Dan jenis penyakit ini akan sembuh dalam waktu 4-7 hari. Cara mengobati disentri tanpa obat adalah dengan minum lebih banyak cairan untuk membantu mengasup cairan yang cukup dan mencegah terjadinya kehabisan cairan. Biasanya jika pasien sudah mengalami masalah dehidrasi maka bisa diatasi dengan rehidrasi oral. Pada pasien dengan kasus diare atau disentri yang berat pasien akan muntah dengan berlebihan sehingga tidak bisa melakukan rehidrasi oral dengan baik, maka cara lainnya adalah dengan rehidrasi intravena.

Dan umumnya untuk anak kecil yang lebih riskan dalam mengalami diare biasanya diberikan rehidrasi intravena. Untuk masalah infeksi yang berat seperti Shigella bisa dengan mudah diobati menggunakan obat antibiotik termasuk salah satunya adalah amipicilin, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan ciprofloxacin. Tetapi, untuk kasus shigella yang sudah kebal pada antibiotika, maka hal ini akan terjadi karena penggunaan dari obat antibiotika yang sedikit-sedikit untuk melawan sehigellosis ringan.

Cara Mengobati Disentri


=====================================

>>> Kapsul Herbal Disentri Untuk Mengatasi Penyakit Disentri, Membunuh Bakteri Penyebab Disentri Serta Menguatkan Sistem Imun Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Disentri and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *